Senin, 24 Januari 2011

Elektromagnet


Laporan Praktek Fisika

A.    Kegiatan 5.12:  Membuat Sebuah Elektromagnet

Tujuan :
Membuat sebuah elektromagnet dari seutas kawat tembaga yang dililitkan pada paku yang kemudian ujung-ujung dari kawat disambungkan ke baterai, sehingga mampu mangangkat benda-benda feromagnetik.

Alat dan Bahan:
1.       Sebuah batu baterai
2.       Paku
3.       Kawat tembaga panjang berisolasi (disebut kabel).

Langkah kerja:
1.       Belitkan seutas kawat secara rapat (tetapi tak saling bertumpukan) mengitari sebuah paku besi panjang sehingga kamu memiliki paling sedikit 25 lilitan.
2.       Kupas kedua ujung kabel kumparan sehingga kawat tembaganya telanjang.
3.       Hubungkan tiap ujung kawat telanjang ke kutub-kutub baterai.
4.       Kumpulkan beberapa benda logam ringan terbuat dari bahan magnetik (misalnya: klip kertas). Sentuhkan paku ke tiap benda. Apa yang terjadi?
Maka klip kertas akan tertarik oleh gaya magnetik dari paku tersebut. Dan bila hubungan arus listrik diputus, maka gaya magnetik dari paku terhadap klip kertas akan terputus juga dan klip kertas akan jatuh.

Pertanyaan dan kesimpulan:
1.       Jelaskan mengapa peralatan yang kamu buat berkelakuan seperti itu?
Karena paku yang telah dialiri arus listrik akan bekerja sebagai magnet yang dapat menarik benda-benda feromagnetik seperti klip kertas.
2.       Kesimpulan:
Bahwa bila suatu batang besi yang telah bekerja sebagai magnet, didekatkan dengan benda feromagnetik maka akan menarik benda tersebut dengan catatan bila arus listrik sedang berjalan dan tidak terputus.


B.    Kegiatan 5.13:  Melakukan Penyelidikan

Tujuan:
Menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan sebuah elektromaknetik dengan beberapa percobaan.

Alat dan Bahan:
Sama seperti dalam kegiatan 5.12, yaitu:
1.       Sebuah batu baterai
2.       Paku
3.       Kawat tembaga panjang berisolasi (disebut kabel).

Langkah kerja:
1.       Pada dua paku yang identik, buatlah dua buah elektromagnet. Elektromagnet pertama memiliki jumlah lilitan lebih banyak (misalnya 30 lilitan) dan elektromagnetik kedua (misalnya 15 lilitan). Dekatkan tiap elektromagnet pada tumpukan yang mengandung klip kertas sama banyak. Bandingkanlah jumlah klip kertas yang menempel pada tiap elektromagnet ini.
Jumlah klip kertas yang menempel pada tiap elektromagnetik itu  berbeda-beda. Yang memiliki lilitan yang lebih banyak akan mampu menarik klip kertas lebih banyak dari pada yang lilitannya sedikit.
2.       Sediakan dua paku yang panjangnya berbeda. Paku pertama lebih panjang dari pada paku kedua. Buatlah lilitan kabel sama banyak pada kedua paku ini, maka kamu telah membuat dua elektromagnet yang berbeda. Dekatkan tiap elektromagnet pada tumpukan yang mengandung klip kertas sama banyak. Bandingkanlah jumlah klip kertas yang menempel pada tiap elektromagnet ini.
Bila semakin panjang paku maka jumlah lilitannya akan semakin banyak sehingga jumlah klip kertas yang dapat ditarik akan semakin banyak. Sehingga paku panjang akan lebih banyak menarik klip kertas daripada paku yang pendek karena jumlah lilitannya berbeda.
3.       Buatlah dua elektromagnet yang persis sama, yaitu yang memiliki inti paku besi identik dan jumlah lilitan kabel sama banyak. Pada elektromagnet pertama alirkan arus listrik dari sumber dua batu baterai, sedang pada elektromagnet kedua alirkan arus listrik dari sumber satu batu baterai. Dekatkan elektromagnet pada tumpukan yang mengandung klip kertas sama banyak. Bandingkanlah jumlah klip kertas yang menempel pada tiap elektromagnet ini.
Jika lebih banyak baterai maka gaya magnet yang ditimbulkan akan semakin besar pula. Sehingga pada elektromagnetik yang memiliki 2 baterai akan lebih banyak menarik klip kertas daripada yang hanya memiliki 1 baterai saja.

Pertanyaan dan kesimpulan:
Elektromagnet yang lebih kuat jika klip kertas yang menempel pada elektromagnet adalah lebih banyak.
1.       Dari langkah 1, 2, dan 3 manakah elektromagnet yang lebih kuat:
a.       Elektromagnet dengan jumlah lilitan lebih banyak atau lebih sedikit?
Elektromagnet yang memiliki jumlah lilitan yang banyak.
b.      Elektromagnet dengan inti paku lebih panjang atau lebih pendek ?
Elektromagnet yang menggunakan paku lebih panjang.
c.       Elektromagnet dengan batu baterai lebih banyak atau lebih sedikit ?
Elektromagnet yang memakai dua batu baterai.
2.       Dari jawabanmu pada pertanyaan no. 1, nyatakan kesimpulanmu tentang faktor-faktor  yang mempengaruhi kekuatan sebuah elektromagnet ?
Bahwa sebenarnya faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan sebuah elektromagnet dalam menarik benda-benda feromagnetik itu, yaitu: Jumlah lilitan yang dimiliki, panjang inti (paku), dan kuat arus yang melalui kumparan atau elektromagnet tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar