Selasa, 25 Januari 2011

Tiga Ekor Semut



            Ketika seorang pria sedang tidur dibawah sebuah pohon yang rindang , tiga ekor semut merayap ke atas hidungnya . Setelah saling menyapa , salah satu dari mereka mengatakan , “Ini bukit dan lembah paling tandus yang pernah kulihat seumur hidupku . Aku sudah mencari sepanjang hari ,tetapi sebutir gandum pun tidak kutemukan .”
            Semut kedua mengatakan ,”Aku juga belum menemukan apa – apa , biarpun sudah kuperiksa setiap sudutnya . Aku berani bertaruh  inilah yang disebut – sebut sbagai ‘Pasir Hisap’ oleh bangsa kita .”
            Semut ketiga mengangkat kepalanya dan katanya , ”Teman – teman , kita sedang berdiri diatas hidung seekor semut super raksasa . Semut ini mepunyai kekuatan yang luar biasa . Dia terlalu besar , jadi kita tidak bisa melihat seluruh badannya . Badannya terbentang begitu jauhnya , jadi kita tidak bisa menjelajahinya . Suaranya keras sekali , jadi kita mendengarkan tetapi tidak mendengar apa – apa . Dia tidak terbatas !”
            Begitu semut ketiga selesai bicara , kedua semut yang lain saling berpandangan dan tertawa terbahak – bahak . Pada saat yang sama , pria itu mengangkat tangannya dan menyeka hidungnya . Ketiga smut itu pun terseka sampai mati .

Nilai Moral :
Orang yang kurang pengetahuan dan kurang pengalaman tidak bisa melihat apa masalah yang sesungguhnya , sehingga tidak siap menghadipi bahaya yang mungkin datang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar