Selasa, 25 Januari 2011

Peristiwa Wasterling di Makassar


Pembantaian Wasterling adalah sebutan untuk peristiwa pembunuhan ribuan rakyat sipil di Sulawesi Selatan yang dilakukan oleh pasukan Belanda Depot Speciale Troepen pimpinan Raymond Westerling.

Peristiwa ini terjadi pada Desember 1946-Februari 1947 selama operasi militer Counter Insurgency (penumpasan pemberontakan).

Tempat terjadinya peristiwa ini ialah Makassar, Sulawesi Selatan.

Sebab terjadinya peristiwa ini ialah karena kedatangan pasukan Belanda untuk membersihkan daerah Sulawesi Selatan dari pejuang-pejuang Republik dan menumpas perlawanan rakyat yang menentang terhadap pembentukan Negara Indonesia Timur.

Sejak tanggal 7-25 Desember 1946 pasukan Wasterling secara keji membunuh beribu-ribu rakyat yang tidak berdosa.

Pada tanggal 11 Desember 1946 Belanda menyatakan Sulawesi dalam keadaan perang dengan hukum militer dan pada waktu itu Raymond Wasterling juga mengadakan aksi pembunuhan massal si desa-desa.

Tokoh dari Indonesia yang berperan penting dalam pertempuran ini salah satunya ialah Robert Wolter Mongonsidi yang merupakan pahlawan perjuangan rakyat Sulawesi Selatan dalam menentang Belanda walaupun pada akhirnya tanggal 5 September 1949 ia dijatuhi hukuman mati oleh Belanda.

Akibat dari peristiwa ini ialah banyaknya jatuh korban dari pihak Indonesia yaitu sekitar 40.000 jiwa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar